Selasa, 16 April 2013

Penyebab Bayi Kuning

Pernahkah Anda melihat bayi yang baru lahir atau berusia beberapa minggu “dijemur” di sinar matahari pagi? Jika ya, maka Anda pasti bertanya-tanya mengapa bayi yang baru lahir harus dipaparkan pada sinar matahari pagi. Hampir semua bayi yang baru lahir mempunyai penyakit kuning.
Penyebab bayi kuning atau kulit yang menguning disebabkan oleh meningkatnya serum bilirubin di tubuh bayi. Serum ini meningkat karena organ hati bayi yang belum berkembang secara sempurna. Biasanya warna kuning pada kulit menghilang setelah tujuh hari tanpa perawatan dan pastinya akan lebih cepat jika diberi perawatan. Di Indonesia, cara mengatasi bayi kuning yang alami dan paling sederhana adalah memaparkan bayi pada sinar matahari pagi.

Dari sisi medis, mengatasi bayi kuning dengan sinar matahari pagi memang cukup efektif untuk menekan jumlah serum bilirubin yang dituding menjadi penyebab bayi kuning. Pada saat menjemur bayi, pastikan untuk membuka seluruh pakaiannya. Banyak ibu memaparkan bayi dengan pakaian dan hal ini kurang maksimal. Bilirubin sebagai penyebab bayi kuning dapat ditekan tanpa memaparkan bayi ke sinar matahari pagi. Cukup gendong bayi di tempat yang terkena sinar matahari, tetapi cukup teduh karena bagaimanapun juga, sinar UV dapat berbahaya bagi bayi.
Metode lain untuk menghindari bayi kuning adalah fototerapi. Metode mengatasi bayi kuning ini dapat dilakukan di rumah atau rumah sakit. Metode ini menggunakan sinar biru yang fungsinya sama dengan sinar matahari, yakni menekan level bilirubin. Cara untuk mengatasi bayi kuning ini sering digunakan di daerah yang kurang mendapat cahaya matahari atau beriklim dingin.
Bagi kita yang hidup di iklim tropis, menggunakan cara yang alami untuk mencegah bayi kuning memang menjadi pilihan terbaik, tetapi satu hal yang harus kita ingat adalah bahaya paparan sinar UV. Penyakit bayi kuning memang dapat dihindari, tetapi sinar UV dapat menyebabkan kerusakan kulit bahkan kanker kulit, maka pastikan bayi kita tidak terpapar sinar matahari secara langsung dan kembalilah ke dalam rumah jika matahari mulai terik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar