Selasa, 21 Mei 2013

ASKEB I ANAMNESA



ANAMNESA


Anamnesis adalah pertanyaan terarah yang ditujukan kepada bumil, untuk mengetahui keadaan ibu dan faktor resiko yang dimilikinya. Tujuan anamnesa adalah :
1.   Memperoleh data atau informasi tentang permasalahan yang sedang dialami atau dirasakan oleh pasien. Anamnesa yang tepat dapat membantu penegakan assesment dan diagnosa.
2.   Membangun hubungan yang baik antara seorang petugas kesehatan dengan pasiennya. Anamnesa yang tepat dapat membuka hubungan dan kerjasama yang baik yang bermanfaat untuk pemeriksaan selanjutnya.
Anamnesa dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:
1.   Autoanamnesa, adalah anamnesa yang dilakukan langsung kepada pasien. Pasien sendirilah yang menjawab semua pertanyaan dan menceritakan kondisinya.
2.   Allonamnesa, adalah anamnesa yang dilakukan dengan orang lain guna mendapatkan informasi yang tepat tentang kondisi pasien. Biasanya pada pasien yang tidak sadarkan diri, bayi, anak-anak. Pada anamnesa jenis ini petugas kesehatan/ bidan harus memastikan bahwa sumber informasi berasal dari orang yang tepat.
Jenis pertanyaan yang diberikan saat melakukan anmnesa pada ibu hamil merupakan pertanyaan yang dapat menggali lebih dalam informasi yang dibutuhkan oleh tenaga kesehatan guna mengetahui ada atau tidak faktor resiko yang dapat mengarah kekomplikasi dalam kehamilan, persalinan, nifas dan BBL. Adapun jenis pertanyaan yang diberikan meliputi:
a.   Identitas
Ditanyakan identitas ibu maupun suami : Nama, umur, agama, suku/bangsa, pendidikan, pekerjaan, alamat lengkap.
b.   Alasan datang/Keluhan ibu
Alasan datang : Apakah ibu datang untuk pemeriksaan kehamilan rutin?
Keluhan ibu : apakah ada hal yang berkaitan dengan kehamilan, yang dirasakan oleh ibu? Apakah ada masalah-masalah yang dihadapi ibu yang perlu dikemukakan saat pemeriksaan.
c.   Riwayat menstruasi
Menarche, siklus teratur / tidak, lamanya, banyaknya darah, warna, bau, keluhan nyeri +/- → menilai faal alat kandungan
d.   Riwayat Perkawinan
Kawin / tidak, berapa kali, usia pada saat menikah, berapa lama/lama perkawinan (anak mahalkah?)
e.   Riwayat KB
Pernah pakai kontrasepsi/tdk? Jenis kontrasepsi? Kapan dipakai? Di mana? Oleh siapa? Lama pemakaian? Adakah keluhan? Kapan dilepas? Di mana? Oleh siapa? Alasan berhenti/ ganti kontrasepsi?
f.    Riwayat Kehamilan, Persalinan, Nifas yang lalu
1)    Riwayat Kehamilan
Anak keberapa? Ada masalah tidak dengan kehamilan yang lalu?
2)    Riwayat persalinan
Spontan/buatan? Aterm/Premature? Kapan? Lahir dimana? Ditolong siapa? Ada masalah saat persalinan?
3)    Riwayat Nifas
Adakah masalah pada masa nifas? Infeksi? Perdarahan?
4)    Anak
Jenis kelamin? BB? Hidup/mati? Kalau meninggal kenapa? Sehat? Adakah kecacatan? Pemberian ASI? Bagaimana kondisinya sekarang?
Semua pertanyaan diatas untuk mengetahui prognosa kehamilan yang sekarang.
g.   Riwayat Kehamilan Sekarang
HPHT? Umur kehamilan? HPL? Sudah pernah periksa/belum? Jika sudah berapa kali? Dimana? Adakah keluhan? Baik TM I, II, III? Adakah penanganan khusus keluhan tersebut? Sudah terasa gerakan janin/blm? Imunisasi TT?
h.   Riwayat Penyakit
1)    Riwayat penyakit sekarang
Apakah ibu sekarang dalam kondisi sakit? Keluhan? Adakah penyakit sistemik lain yang mungkin mempengaruhi atau diperberat oleh kehamilan (penyakit jantung, paru, ginjal, hati, diabetes mellitus)? Apakah ibu dalam masa pengobatan?
2)    Riwayat penyakit yang lalu
Riwayat penyakit sistemik lain yang mungkin mempengaruhi atau diperberat oleh kehamilan (penyakit jantung, paru, ginjal, hati, diabetes mellitus), riwayat alergi makanan/obat tertentu dan sebagainya. Ada/tidaknya riwayat operasi umum/lainnya maupun operasi kandungan (miomektomi, sectio cesarea dan sebagainya).
3)    Riwayat penyakit keluarga
Riwayat penyakit sistemik, metabolik, cacat bawaan,? Penyakit keturunan +/- (DM, kelainan genetik), penyakit menular +/- (TBC)
4)    Riwayat Keturunan Kembar
Dalam keluarga adakah yang mempunyai keturunan kembar.
i.    Data kebiasaan sehari-hari
Dilakukan pengkajian dari pola kebiasaan sehari-hari ibu baik dari sebelum hamil dan selama hamil. Dikaji tentang bagaimana nutrisi ibu (frekuensi, jenis, porsi, keluhan, pantangan) ? Pola eliminasi (frekuensi, warna, bau, konsistensi, keluhan) ? Personal hygiene (mandi, gosok gigi, keramas, ganti pakaian ? Istirahat/tidur (tidur siang, tidur malam, keluhan) ? Kebutuhan sexual (seminggu berapa kali, keluhan)? Pola aktivitas (aktivitas yang dilakukan sehari-hari) dsb
j.    Kebiasaan yang mengganggu kesehatan
Apakah ibu mempunyai kebiasaan merokok, minum jamu atau minum minuman beralkohol, minum obat-obatan.
k.   Riwayat Psikososial, spiritual dan ekonomi
Bagaimana kondisi psikologis ibu menghadapi kehamilan? Dukungan keluarga? aktifitas/ kegiatan ibu diluar rumah? persiapan persalinan? Pengetahuan ibu tentang kehamilan? Memberi ASI, merawat bayi, kegiatan ibadah, kegiatan sosial, dan persiapan keuangan ibu dan keluarga.
l.    Pengetahuan Ibu tentang ANC
Apa saja yang ibu ketahui berkaitan dengan kehamilan, jika ibu sudah memasuki trimester III apa yang ibu ketahui mengenai persiapan persalinan.
m. Lingkungan yang berpengaruh
Bagaimana kondisi lingkungan sekitar ibu, apakah terdapat hewan peliharaan atau tidak ?














Panduan belajar melaksanakan anamnesa pada ibu hamil

NO
BUTIR YANG DINILAI


A
SIKAP DAN PERILAKU

1
Menyambut dan memperkenalkan diri kepada klien dan keluarga dengan sopan dan ramah

2
Menjelaskan tujuan tindakan yang akan dilakukan

3
Merespon reaksi klien dengan tepat dan kontak mata

B
ISI

4
Menanyakan identitas klien dan suami/ penanggung jawab

Menanyakan dengan lengkap, minimal terdapat 7 pertanyaan inti, melipui: nama, usia, agama, suku/ bangsa, pendidikan, pekerjaan, alamat

5
Menanyakan keluhan utama klien atau alasan kenapa klien berkunjung.

Menanyakan keluhan utama klien/ keluhan yang menyebabkan klien ingin datang ke pusat pelayanan kesehatan. Bisa juga ditanyakan alasan berkunjung

6
Menanyakan riwayat menstruasi yang terdiri atas usia menarche, siklus, lamanya, karakteristik, banyaknya, dan masalah menstruasi

7
Menanyakan riwayat perkawinan (kawin ke…., umur menikah, lama menikah)

8
Menanyakan riwayat KB tentang jenis, tanggal/tahun pasang, dimana, oleh siapa, keluhan, tanggal/tahun lepas, dimana lepas, siapa yang lepas, alasan lepas

9
Menanyakan tentang kehamilan dan persalinan yang lalu, meliputi: jumlah kehamilan dan persalinan, kapan, dimana, penolong, jenis persalinan yang dilakukan, perdarahan, perineum robek spontan/ episiotomi, masalah nifas

10
Menanyakan keadaan bayi yang lalu meliputi: jenis kelamin, berat badan lahir, minum ASI, minum susu tambahan, adakah masalah khusus

Masalah khusus, yaitu komplikasi pada BBL yang terjadi saat/pasca persalinan

11
Menanyakan berapa kali periksa hamil dan menanyakan tentang kehamilan sekarang meliputi usia kehamilan, HPHT, HPL, gerakan janin, tanda bahaya dan penyulit, imunisasi, obat yang dikonsumsi/ jamu, keluhan tiap TM dan penanganan yang telah diterima, kekhawatiran khusus atau keluhan lain yang dirasakan selain keluhan utama

Saat menanyakan HPHT gunakan bahasa yang mudah dipahami pasien. Ajak pasien menghitung bersama-sama UK dan HPL. Pertanyaan disesuaikan dengan UK.

12
Menanyakan riwayat penyakit (Penyakit yang sedang/pernah diderita, alergi obat, penyakit keluarga, keturunan kembar)

Sakit yang sedang dan pernah diderita pasien (penyakit obstetri dan gynekologi), sedang mengkonsumsi obat atau alergi obat-obatan tertentu. Riwayat penyakit keluarga dari pihak pasien dan suami pasien, dan riwayat keturunan kembar.

13
Menanyakan pola nutrisi makan dan minum sebelum dan selama hamil, frekuensi, macam, porsi, pantangan, keluhan.

14
Menanyakan pola eliminasi BAB dan BAK sebelum dan selama hamil, frekuensi, warna, bau, konsistensi, keluhan.

15
Menanyakan tentang personal hygine ; mandi, gosok gigi, keramas, ganti pakaian.

16
Menanyakan pola aktivitas, istirahat, dan tidur siang malam, kegiatan sehari-hari,

17
Menanyakan pola seksualitas frekuensi perminggu, keluhan

Pertanyaan no 13-17 masuk dalam pola kebutuhan sehari-hari. Ditanyakan sebelum dan selama kehamilan klien.

 18
Menanyakan kebiasaan-kebiasaan yang merugikan kesehatan merokok, minum jamu, alcohol, obat-obatan

19
Menanyakan pola psikososial (respon ibu serta keluarga terhadap kehamilannya kegiatan social) Spiritual (kegiatan ibadah), Ekonomi, kecukupan penghasilan keluarga untuk kebutuhan rumah tangga.

20
Menanyakan apakah ibu minum tablet Fe, caranya, obat-obatan lain, dan pengetahuan ibu terhadap ANC (persiapan persalinan “jika TM III” ; biaya, tempat, penolong, transportasi, donor)

21
Menanyakan tentang lingkungan yang berpengaruh terhadap kehamilan serta ada tidaknya hewan peliharaan

C
TEKNIK

22
Teruji melaksanakan tindakan dengan percaya diri dan tidak ragu-ragu

23
Teruji menggunakan bahasa yang mudah dimengerti

24
Menjaga privasi klien



Tidak ada komentar:

Posting Komentar