Selasa, 21 Mei 2013

skenario konseling ikterus neonatus



Nama               : Ni Putu Ida Mazda Herlina
Nim                 : 12140159
Kelas               : B.93
Skenario Konseling Ikterus Neonatus
Ny. Ida datang ke BPS Bidan Mazda untuk memeriksakan kesehatan bayi nya yang baru lahir 1 minggu yang lalu, Ny. Ida mengeluh warna kulit bayinya agak sedikit kuning saat baru lahir, Ny. Ida merasa cemas dan bingung mengenai cara mengatasi keadaan bayinya, maka Ny. Ida pun datang ke BPS Bidan Mazda untuk segera menanyakan cara mengatasinya,
No
Konselor / Klien
Dialog
Sikap / Perilaku
1.       
Klien
Selamat Pagi Ibu Bidan
Mengetuk Pintu Sambil senyum
2.       
Konselor
Selamat Pagi Ibu, mari silahkan masuk dan duduk ibu, saya bidan mazda, dengan ibu siapa ya ? ada yang bisa saya bantu ibu ?
Senyum sambil mengajak klien masuk.
3.       
Klien
Saya Ibu Ida, begini ibu saya mau memeriksakan kesehatan bayi saya, bayi saya baru lahir 2 minggu yang lalu ibu, saat baru lahir sampai hari ini warna kulitnya masih sedikit kuning ibu, Disebabkan oleh apa ya bu ?
Senyum dan Sedikit Khawatir, bertanya pada ibu bidan.
4.       
Konselor
Oh iya ibu, penyebab bayi kuning / kulit yang menguning itu disebabkan oleh meningkatnya serum bilirubin di tubuh bayi, ini dikarenakan organ hati bayi belum berkembang secara sempurna. Apa ibu sering menjemur bayi ibu di sinar matahari pagi ?
Menganggukkan Kepala, Senyum, dan menjawab pertanyaan klien.
5.       
Klien
Oh sering ibu biasanya setiap pagi saya atau suami saya mengajak bayi saya berjemur di pagi hari ibu, saat berjemur bayi saya masih memakai pakaian, karena saya takut kalau sinar matahari nya terlalu keras nanti kulit anak saya rusak, saya beberapa hari yang lalu sempat mengobrol dengan teman saya , dia juga sedang mempunyai bayi, dia bilang kulit bayi nya juga sempat menguning saat baru lahir, dia sempat menyarankan saya untuk mengikuti metode fototerapi, yaitu menggunakan sinar biru yang sama fungsinya dengan sinar matahari, katanya dapat menekan level bilirubin. Tapi medote ini biasanya digunakan di daerah beriklim dingin ibu bidan, kalau kita yang hidup di daerah beriklim tropis bagaimana ya cara mengatasinya ibu bidan ? Apakah sinar UV dapat berbahaya bagi bayi ibu bidan ?
Sedikit bingung dan menceritakan masalahnya serta bertanya pada ibu bidan.
6.       
Konselor
Oh begitu kejadiannya, Penyakit bayi kuning memang dapat dihindari ibu, tetapi sinar UV dapat menyebabkan kerusakan kulit bahkan kanker kulit.
Maka pastikan bayi ibu tidak terpapar sinar matahari secara langsung dan kembalilah ke dalam rumah jika matahari mulai terik. Bagaimana ibu sudah jelas ? kalo sudah, Mari ibu sekarang saya akan memeriksa keadaan bayi ibu.

Menganggukkan Kepala dan senyum
7.       
Klien
Oh begitu ya ibu bidan, sudah  ibu terimakasih ya ibu
Senyum dan menganggukkan kepala
8.       
Konselor
Iya ibu terimakasih kembali
Senyum dan mengganggukkan kepala

Hasil pemeriksaan normal Frekuensi nafas 40-60 kali/menit, Suhu normal 36,7  0 C, berat badan bayi normal 2700 gr, pada kulit tidak ada pembengkakan, warna kulit masih sedikit kuning, Tali pusat sudah mengering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar